Item terkait berdasarkan kata kunci pencarian Anda akan dicantumkan di sini.

Beranda>Kategori Lainnya > CV dan Resume, Sering Dianggap Sama Nyatanya Dua Dokumen Ini Berbeda!
Kategori Lainnya

CV dan Resume, Sering Dianggap Sama Nyatanya Dua Dokumen Ini Berbeda!

Karina

Juni 03 • 4 menit membaca

Yes, kita semua tahu bahwa salah satu syarat untuk melamar kerja adalah melampirkan Curriculum Vitae dan Resume. Tapi, apakah kamu sudah tahu bahwa dua dokumen ini berbeda?

Yes, CV dan Resume merupakan dua dokumen yang berbeda, walau keduanya sama-sama berisi informasi pribadi. Mungkin dibeberapa perusahaan Indonesia, jika diminta Resume, sedangkan yang dilampirkan hanya CV, akan dihiraukan atau dimaklumi. Namun hal tersebut tidak berlaku jika kamu ingin bekerja di perusahaan luar negeri.

Demi membuka kesempatanmu bekerja di perusahaan Internasional, atau multinasional, berikut kalibrr jelaskan perbedaan dari kedua dokumen itu.

Pengertian Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae (CV) merupakan dokumen yang memaparkan latar belakang seseorang, bisa berupa latar belakang pendidikan, pengalaman bekerja, skill/keterampilan, atau bahkan achievement seseorang.

CV memberikan gambaran secara lengkap tentang riwayat akademik dan karier kamu, dimana dalam sebuah CV mencakup bagian-bagian seperti informasi pribadi, kualifikasi pendidikan, pengalaman kerja, proyek penelitian, publikasi, presentasi, penghargaan, kehormatan, dan afiliasi profesional.

Maka tidak heran, sebuah CV biasanya akan berisi informasi dan terdiri lebih dari satu lembar (jika di print).

Contoh Curriculum Vitae

Contoh CV

Pengertian Resume

Berbeda dengan CV yang berisi informasi latar belakang seseorang, Resume merupakan dokumen yang singkat dan isinya disesuaikan untuk aplikasi pekerjaan tertentu.

Resume akan menjadi dokumen yang “lebih bersinar” dimata HR, karena menunjukan hal-hal yang relevan terkait lamaran pekerjaan atau posisi yang akan dilamar oleh calon karyawan. Maka dari itu tidak mengherankan Resume lebih banyak diminta oleh HR atau rekruiter sebagai syarat awal untuk dipelajari, baru kemudian mereka akan memintamu melampirkan CV saat mengikuti tahapan interview berikutnya.

Contoh Resume

Contoh Template Resume

Untuk memudahkan, berikut Kalibrr membuatkan perbedaan kedua dokumen tersebut dalam bentuk infografis.

Selain perbedaan nyata terkait panjang, tujuan dan isinya, CV dan resume juga memiliki perbedaan yang dilihat dari kegunaannya dan di negara mana biasanya digunakan (preferensi penggunaan).

Beda CV dan Resume secara umum

Berdasarkan kegunaannya CV dan resume memiliki perbedaan yaitu CV lebih sering digunakan untuk mendaftar ke jenjang pendidikan lebih lanjut atau lebih tinggi seperti program master atau doktoral, selain itu CV juga biasa digunakan untuk keperluan apply beasiswa, program – program akademik maupun proses penelitian yang membutuhkan data lengkap terkait pencapaian – pencapaian yang telah diraih. Resumebiasa digunakan saat sedang melamar pekerjaan di perusahaan – perusahaan baik swasta atau publik.

Untuk tempat penggunaan keduanya pun berbeda, di sebagian besar eropa, inggris, selandia baru dan sekitarnya menggunakan istilah CV untuk mendeskripsikan CV dan dokumen bergaya resume dan tidak ada penggunaan kata atau istilah resume sama sekali. Lalu di Australia, Afrika Selatan, dan India, istilah CV dan resume sering digunakan secara bergantian dimana istilah resume lebih banyak digunakan untuk melamar pekerjaan di sektor swasta, dan CV lebih sering  digunakan saat melamar posisi di perusahaan layanan publik.Di Amerika Serikat kedua dokumen ini adalah dua jenis dokumen yang berbeda dengan tujuan yang berbeda pula.

Bagikan via:

Tentang Penulis

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. Lebih Lanjut Karina

Komentar (0) Kirim Komentar

Belum ada komentar yang tersedia!